Wali Kota Bakal Siapkan Edaran Larangan Pemakaian Kantong Plastik

Pekanbaru,President Pos

Guna menciptakan suasana yang ramah lingkungan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bakal mengeluarkan aturan yang melarang menggunakan kantong plastik bagi usaha ritel dan supermarket di Pekanbaru.

Aturan tersebut, saat ini tengah disiapkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) bersama Wali Kota, hingga nantinya dibuat berbentuk Perwako yang ditargetkan tahun ini akan berjalan.

“Wali Kota sudah menyiapkan edaran pemakaian kantong plastik pada usaha ritel dan supermarket. Sekarang kita masih menunggu Juknis dan Juklaknya dulu dari PermenLH,” ujar Kepala DLHK Pekanbaru, Zulfikri, Kamis (14/3).

Aturan pemakaian kantong plastik dijelaskan Zulfikri sejatinya untuk mengurangi penumpukan sampah dan polusi terhadap lingkungan. Dirinya mengatakan, Indonesia dimata dunia, menjadi peringkat teratas kedua setelah Cina yang banyak menyumbangkan polusi lingkungan berupa sampah plastik dimana-mana.

“Jadi kalau mau belanja kita balek seperti orang-orang tua kita dulu. Bawa keranjang dari rumah. Diindonesia sudah ada yang menerapkan aturan ini, yaitu Bali dan Banjarmasin. Nah, tahun ini kita mau menerapkan aturan yang sama tapi sasaran utama kita terlebih dahulu adalah usaha ritel dan supermarket,”tambah Zul.(Kom/varid).

banner 468x60
banner 300x250

No Responses

Comments are closed.