Januari 2019,BPBD Tangani 9 Bencana Alam

Bengkalis,President Pos

Selama bulan Januari 2019 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis telah menangani sebanyak sembilan macam kejadian bencana.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkalis melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Darwissam, Kamis 7 Februari 2019 melalui rilis yang dikirim ke Diskominfotik Bengkalis.

Darwissam mengatakan pada tanggal 3 Januari 2019 telah terjadi kebakaran lahan di areal PT. Arara Abadi Desa Koto Pait Beringin Kecamatan Talang Muandau, luas lahan diperkirakan lebih kurang 6 Hektare dan upaya pemadaman melibatkan Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Pusdatin BPBD Kecamatan Talang Muandau.

Selanjutnya pada tanggal 5 Januari 2019 telah terjadi kebakaran lahan di Jalan Pemda Desa Pamesi RT.02 RW.04 Kecamatan Bathin Solapan, luas lahan diperkirakan lebih kurang 3 Hektare dan upaya pemadaman melibatkan TNI, MPA, Karyawan PT. SIS dan masyarakat setempat.

Kemudian tanggal 8 Januari 2019 telah terjadi kebakaran lahan di Jalan Sukajadi Dusun Sukoharjo Kecamatan Bukit Batu, luas lahan diperkirakan lebih kurang 2 Hektare dan upaya pemadaman melibatkan Damkar, MPA dan TNI.

Lalu, pada tanggal 14 Januari 2019 telah terjadi kebakaran lahan gambut di daerah tepian pantai di Desa Pambang Pesisir Kecamatan Bantan, luas lahan diperkirakan lebih kurang 5 Hektare dan upaya pemadaman melibatkan anggota Damkar Kecamatan Bantan, BPBD dan Pusdatin BPBD Bengkalis.

Selanjutnya pada tanggal 27 Januari 2019 telah terjadi kecelakaan laut kapal pengangkut semen di perairan selat Bengkalis – Rupat dikarenakan cuaca ekstrim, berdasarkan data tim SAR Pos Bengkalis, dengan jumlah korban 10 orang, korban selamat 9 orang dan 1 orang korban belum ditemukan sampai saat ini.

Kemudian pada tanggal 29 Januari 2019 telah terjadi kebakaran lahan gambut di Jalan Tok Jedi Desa Teluk Lecah Kecamatan Rupat, luas lahan diperkirakan lebih kurang 15 Hektare dan upaya pemadaman melibatkan anggota Damkar, BPBD, MPA, PT. SRL, Pusdatin BPBD Kecamatan Rupat dan Masyarakat.

Lanjut Darwissam, pada tanggal 30 Januari 2019 telah terjadi kebakaran lahan di Jalan Lingkar Desa Batang Duku Kecamatan Bukitbatu, dengan luas lahan diperkirakan lebih kurang 3 Hektare dan upaya pemadaman melibatkan anggota Damkar, Polsek, Danramil, MPA dan Masyarakat.

Kemudian pada tanggal 31 Januari 2019 ada dua kejadian bencana alam, yang pertama kebakaran lahan di Desa Buruk Bakul dan Desa Sukajadi Kecamatan Bukitbatu dengan luas lahan diperkirakan 2 Hektare dan upaya pemadaman melibatkan anggota Damkar Kecamatan Bukitbatu, Polsek, TNI dan MPA.

Sedangkan yang kedua, telah terjadi kebakaran lahan di Jalan Kayu Api Desa Koto Pait Beringin Kecamatan Talang Muandau dengan luas lahan diperkirakan lebih kurang 4 Hektare dan upaya pemadaman melibatkan anggota MPA, Pihak Kecamatan dan Pusdatin BPBD.(Kom/varid)

banner 468x60
banner 300x250

No Responses

Comments are closed.